Perilaku Menabung Ibu Rumah Tangga Keluarga Miskin Peserta Program Ikhtiar Lembaga Keuangan Mikro Syariah Berbasis Kelompok Di Bogor, Jawa Barat

Mukhamad Yasid

Abstract


Tabungan merupakan salah satu sarana penting untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Hubungan antara pendapatan dan tabungan keluarga digambarkan oleh Sherraden (2006) sebagai sumber/mata air dan kolam (danau) untuk menyesuaikan pendapatan keluarga dengan kebutuhan di masa yang akan datang. Penelitian ini mencoba untuk mengungkapkan perilaku menabung ibu-ibu rumah tangga keluarga miskin setelah mengikuti Program Ikhtiar Yayasan Peramu dan Baitul mal Bogor. Tabungan rata-rata anggota pada Program Ikhtiar cenderung naik, baik dari sisi nominal maupunrasio tabungan dengan pendapatan walaupun dengan frekuensi menabungyang masih rendah. Sikap yang paling positif atas kegunaan menabung adalah untuk biaya pendidikan, berjaga-jaga dalam menghadapi musibah dan menghadapi hari tua atau saat menganggur. Sedangkan yang paling rendah adalah untuk hiburan, membeli perabot rumah tangga dan memperbaiki atau membeli rumah. Norma subyektif yang paling berpengaruh terhadap keputusan ibu-ibu untuk menabung adalah suami, orang tua, anak dan tenaga pendamping lapangan (TPL). Norma agama yang paling dipertimbangkan ibu-ibu untuk menabung adalah agar dapat berinfaq, shodaqah dan mambayar zakat, dilanjutkan dengan dalam rangka hidup hemat. Keyakinan atas kemampuannya menabung secara rutin dalam kategori tinggi, namun kemampuannya untuk tidak segera menarik tabungan sebelumnya jumlahnya memaai berada pada kategori sedang. Keyakinan kemampuan menabung, niat dan perilaku menabung dipengaruhi secara nyata oleh sikap menabung, norma subyektif, norma agama dan Program Ikhtiar. Program Ikhtiar berpengaruh nyata terhadap keyakinan, niat dan perilaku menabung baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sikap, norma subyektif dan norma agama. Dengan demikian, Program Ikhtiar berhasil mendorong keyakinan kemampuan menabung, niat dan perilaku menabung ibu-ibu rumah tangga keluarga miskin peserta Program Ikhtiar.

JEL Classification : D91, G21

Keywords : Ibu rumah tangga keluarga miskin, menabung, sikap, norma subyektif, norma agama, keyakinan menabung, niat dan perilaku.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30993/tifbr.v4i1.32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
       
 
View My Stats