Pengaruh Current Industry Relative Performance, Future Industry Relative Performance Dan Leverage Terhadap Praktik Manajemen Laba (Studi Komparasi Tiga Bank Konvensional Dan Tiga Bank Syariah)

Surya Wahyudi, Sugiyarti Fatma Laela

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif qualitative yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari Current Industry Relative Performance (CRP), Future Industry Relative Performance (FRP) dan Leverage (DEBT) terhadap praktik manajemen laba pada Perbankan Indonesia. CRP, FRP dan DEBT diukur dengan mengggunakan rasio keuangan. Manajemen laba diukur dengan menggunakan total akrual. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan karakteristik data time series yang berupa laporan keuangan triwulan bank (BM, BRI, BSM, BMI, dan BSMI) tahun 2004 sampai dengan 2008. Dengan menggunakan regresi berganda dengan taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bank konvensional berdasarkan Uji Simultan, peubah CRP, FRP dan DEBT mempengaruhi praktik manajemen laba (AD), sedangkan berdasarkan Uji Parsial, hanya peubah CRP dan DEBT yang mempengaruhi praktik manajemen laba. Pada bank syariah, berdasarkan uji Simultan, peubah CRP, FRP, dan DEBT tidak ada yang mempengaruhi praktik manajemen laba (AD), sedangkan berdasarkan Uji Parsial, peubah CRP, FRP dan DEBT tidak mempengaruhi praktik manajemen laba.

JEL Classification : G21, M12, M40

Kata kunci : Current Industry Relative Performance (CRP), Future Industry Relative Performance (FRP), Leverage (DEBT), Manajemen Laba (Accrual Discretionary)


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30993/tifbr.v5i2.47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
       
 
View My Stats