Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Praktik Manajemen Laba: Studi Pada Perusahaan Yang Termasuk Dalam CGPI

Muhammad Hazri, Sugiyarti Fatma Laela

Abstract


 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah tiga mekanisme GCG berpengaruh atau tidak terhadap manajemen laba yang diproksikan dengan discretionary accrual (DACC). Mekanisme GCG tersebut adalah Kepemilikan Manajerial (KI), Komite Audit (KA) dan Komisaris Independen (KI). Data yang digunakan adalah data panel sepuluh perusahaan yang termasuk dalam penilaian CGPI selama tiga tahun mulai dari tahun 2006 sampai tahun 2008. Untuk mengetahui apakah variabel-variabel GCG di atas berpengaruh terhadap praktik manajemen laba dilakukan uji regresi berganda dengan pendekatan pooled least square. Dari analisis yang dilakukan dengan menggunakan alpha lima persen diketahui bahwa mekanisme GCG yaitu kepemilikan manajerial berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba. 27,45% artinya bahwa keragaman dari variabel dependen mampu diterangkan oleh variabel-variabel independen sebesar prosentase tersebut dan sisanya sebesar 72,55% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar model. Sedangkan mekanisme lain seperti komite audit dan komisaris independen tidak berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba.

JEL Classification : G3, G30, L10

Kata kunci: Discretionary Accrual (DACC), Kepemilikan Manajerial (KM), Komite Audit (KA), dan Komisaris Independen (KI).


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30993/tifbr.v6i1.50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By :